Cara Belajar Efektif dan Efisien

Menurunnya nilai kita dalam suatu pelajaran itu biasanya tidak lepas dari masalah susahnya mencari cara belajar efektif. Jadi pada dasarnya kebiasaan belajar yang kita lakukan akan berpengaruh dengan sukses atau tidaknya dari hasil yang kita dapatkan. Meskipun faktor penyebabnya bervariatif, namun yang jelas apabila kita bisa menemukan cara yang tepat ketika belajar maka hasil maksimal pun bisa kita dapatkan.
Sebenarnya cara belajar yang kita lakukan sehari-hari belum tentu itu merupakan cara belajar yang efektif. Terkadang kita belajar memerlukan waktu yang lama namun kita belum juga bisa memahami materi yang kita pelajari. Oleh karena itu berikut ini ada beberapa cara belajar efektif yang bisa anda lakukan:

1. Jangan Belajar Hanya Karena Akan Ujian
Untuk seorang yang rajin, tentu mereka akan belajar secara rutin setiap harinya untuk setidaknya membaca atau memahami pelajaran yang belum ia mengerti. Hal ini tentu sangat efektif daripada kita belajar hanya karena akan menghadapi ujian.

2. Buatlah Jadwal Belajar
Belajar yang efektif itu dengan merencanakan/menjadwalkan sebelumnya. Jadi buatlah jadwal belajar setiap hari kemudian usahakan untuk melaksanakan jadwal tersebut dengan komitmen yang tinggi.

3. Mempunyai Tujuan Khusus Dalam Belajar
Disini maksudnya kita harus memiliki tujuan untuk menyelesaikan permasalahan apa atau bisa juga ingin memahami materi yang mana. Jadi dari situ kita bisa terfokuskan untuk mempelajari satu hal tanpa harus bingung ketika hendak mempelajari apa.

4. Jangan menunda waktu belajar
Apabila kita sering menunda belajar, maka lama-kelamaan kita bisa malas untuk belajar. Dan ini tentu akan memperburuk kebiasaan kita. Jadi untuk mendapatkan cara belajar yang efektif anda harus menghindari kebiasaan yang satu ini.

5. Mendahulukan Materi Yang Sulit Untuk Dipelajari
Pelajaran yang sulit kerap kali membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Oleh sebab itu dengan mendahulukan materi yang sulit dahulu maka waktu kita akan lebih efektif dalam belajar.

6. Mengikuti Belajar Kelompok
Belajar dengan cara kelompok merupakan cara yang paling efektif dalam belajar. karena disana kita bisa sharing materi pelajaran serta apabila ada kesulitan anggota kelompok bisa saling membantu. Selain itu dengan belajar kelompok tugas pun bisa cepat terselesaikan.

7. Buatlah Rangkuman Materi Pelajaran
Kebiasaan ini memang sangat penting dan juga sangat bermanfaat ketika kita belajar. Selain sangat efektif, kita juga bisa dengan mudah menuju ke inti pelajaran dengan adanya rangkuman tersebut.

Itulah beberapa cara belajar efektif yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan kualitas belajar anda dan juga anda bisa mendapatkan hasil yang optimal dalam belajar.

Selasa, 12 November 2013 0 komentar

0 komentar:

Posting Komentar